Jumat, 05 Juni 2009

Komputer Rp 400 Ribu, Kecil Bagai Colokan Listrik

Jakarta - Perusahaan yang didirikan orang Indonesia, Marvell Technology Group, telah mengembangkan sebuah komputer dengan harga yang akan mencapai sekitar Rp 400.000 per unit. Komputer ini memiliki ukuran kecil bagaikan colokan listrik.



Sehat Sutardja (McDermid/Reuters)

Komputer dengan nama Plug Computer itu memiliki ukuran seperti colokan listrik, kurang lebih hanya satu genggaman tangan. Namun kemampuannya tak bisa diremehkan begitu saja.

Sehat Sutardja, CEO dan pendiri Marvell, seperti dikutip detikINET dari NYTimes, Senin (25/5/2009), mengatakan Plug Computer itu dikembangkan dengan prosesor buatan Marvell. Memang perangkat itu tidak dilengkapi dengan layar, namun ia bisa disambungkan dengan kabel Ethernet ke jaringan lokal dan internet.



Selain itu, Plug Computer memiliki port USB untuk dipasangkan dengan perangkat eksternal lain, mulai dari hardisk hingga kamera. Sistem operasi yang digunakan adalah salah satu versi dari Linux.

Perangkat itu dibanderol pada harga USD 99 dengan development kit-nya. Namun NYTimes memperkirakan dalam waktu dua tahun perangkat itu akan turun harga hingga USD 40 atau sekitar Rp 400.000.

Sutardja mengatakan, nantinya Plug Computer ini mungkin tak akan nampak sebagai satu produk tersendiri. "Nantinya, Anda tak akan melihat plug ini. Kami ingin perangkat ini ada di TV, stereo system dan pemutar DVD," ujar pria yang hijrah dari Indonesia untuk kemudian mendirikan Marvell di Amerika Serikat.

Marvell adalah perusahaan semikonduktor yang cukup ternama di pasaran. Produk-produknya digunakan di kurang lebih 50 persen prosesor hardisk di pasaran, belum lagi chip Marvell yang banyak tertanam dalam ponsel.



Pada 2006 perusahaan ini menarik perhatian karena membeli salah satu divisi dari Intel, tepatnya Divisi Xscale Processor dari raksasa mikroprosesor tersebut. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 di Santa Clara, California, Amerika Serikat, dua dari tiga pendirinya adalah pria kelahiran Indonesia: Sehat Sutardja dan Pantas Sutardja. ( wsh / ash )



Wicak Hidayat - detikinet

4 komentar:

online mengatakan...

Temukan Cara bagaimana Menambah penghasilan dari website anda bersama ads.kombes.com.

Tayangkan Iklan Banner/Teks yang relevan sesuai dengan konten situs anda.

Dapatkan penghasilan dari setiap klik iklan (60% untuk anda) oleh pengunjung melalui situs anda.

Sistem Penyaring Iklan memungkinkan anda untuk menolak iklan dari pesaing situs anda.

Anda dapat menampilkan iklan pada web/blog serta mesin pencari. Anda dapat memasang unit iklan kami bersama-sama dengan program iklan lainnya.

Vivi Renissa mengatakan...

Wah hebat...
Ternyata buatan negeri sendiri :)

Kabasaran Soultan mengatakan...

Bangga jadi orang Indonesia kalau prestasi anak bangsa seperti ini.
Bukan hanya riuh rendah rebutan tahta.

Elsa mengatakan...

mana gambar komputer kecilnya???
pingin liat