Rabu, 03 Februari 2010

Hadapi AS, China Bikin Sistem Operasi Kylin

Washington - China seakan tiada henti membangun kapabilitas pertahanan cybernya. Kabar terbaru, negeri Tirai Bambu itu telah meng-install sistem operasi ciptaan sendiri bernama 'Kylin' di komputer pemerintahan dan militer.


Ilustrasi (foxnews)


Dilansir AFP dan dikutip detikINET, Rabu (13/5/2009), Kylin didesain sedemikian rupa sehingga diklaim tidak bakal bisa dibobol utamanya oleh Amerika Serikat (AS). Eksistensi Kylin disingkap oleh parlemen AS saat membahas upaya China menandingi kemampuan cyber AS.

Kevin Coleman, akhli sekuriti yang turut mendiskusikan Kylin dengan pemerintah AS menyatakan kalau sistem operasi tersebut dikembangkan sejak 2001. Implementasinya dimulai pada tahun 2007.

"Kapabilitas cyber kita tidak efektif melawan mereka. Senjata cyber China didesain untuk menghadang baik Linux, UNIX maupun Windows," jelas Coleman

Bahkan tak sekadar sistem operasi semata, China ternyata juga mengembangkan mikro prosesor yang tangguh sehingga sulit diakses cracker maupun program jahat. Coleman pun menandaskan kombinasi ini membuat pertahanan cyber China amat kuat, sebanding dengan AS dan Rusia.

Selain itu seperti sering diberitakan, China juga tidak segan membobol sistem komputer AS untuk mengakses informasi sensitif. Laporan terbaru US-China Economic and Security Review Commission pun memperingatkan keagresifan China menyerang AS. ( fyk / ash )


Fino Yurio Kristo - detikinet

1 komentar:

Elsa mengatakan...

kalo Amrik perang lawan China, aku jagoin China!!!

hehehehee