Senin, 22 Desember 2008

Intel Makin Gencar 'Bunuh' Hardisk Tradisional


Intel X-25M dan X-18M (intel)

Jakarta - Era-nya hardisk tradisional, yang menggunakan piringan magnetik, bisa jadi akan segera berlalu. Buktinya, Intel makin gencar mendorong produk hardisk berbasis Solid State Drive (SSD).

Intel telah mengumumkan penjualan hardisk SSD berkapasitas 160 Gigabyte. Hardisk berukuran 2.5 inchi ini juga akan segera disusul dengan produk serupa dengan ukuran 1.8 inchi pada Januari 2009. Demikian eWeek yang dikutip detikINET, Selasa (23/12/2008).

Kedua tipe hardisk itu akan dibanderol pada harga USD 945 untuk pembelian per seribu unit. Berbasis teknologi Multilevel Cell (MLC) kedua hardisk dengan nama X-25M dan X-18M itu diklaim mampu memberi performa baca/tulis 250 MB per detik.

Era hardisk tanpa komponen bergerak memang agaknya semakin dekat. Selain Intel, Toshiba dan Samsung disebut-sebut juga akan mengumumkan produk sejenis pada Januari 2009.

Teknologi SSD saat ini lebih banyak digunakan pada media penyimpanan portabel Flashdisk. Meski demikian beberapa netbook dan juga notebook telah tersedia dalam versi berbasis SSD Hardisk.

Wicak Hidayat - detikinet

Tidak ada komentar: