Selasa, 30 Desember 2008

Android


Vendor ponsel pintar dan PDA asal Taiwan, HTC, memproyeksikan penjualan ponsel pintar mereka yang berplatform Google Android, T-Mobile G1, akan mencapai satu juta unit hingga tahun 2008 berakhir.

Hal itu diterangkan oleh CEO HTC Peter Chou kepada harian berbahasa Cina , Economic Daily News (EDN), seperti dikutip dari Digitimes.com.

Menurut Chou perusahaannya berencana untuk meluncurkan ponsel Android keduanya pada permulaan kuartal pertama tahun depan. Pernyataan itu muncul di tengah rumor yang berkembang, yang mengatakan bahwa operator seluler di Amerika Serikat T-Mobile bakal meluncurkan handset berbasis Android keduanya, G2 pada Januari 2009.

Selain itu HTC akan berencana untuk meluncurkannya secara global pada bulan April. Bahkan, menurut keterangan EDN, saat ini HTC tengah mengembangkan handset ponsel berbasis Android yang ketiga.

Angka penjualan itu memang belum seberapa bila dibandingkan dengan target penjualan iPhone tahun ini yang sebesar 10 juta. Namun patut diingat, G1 baru diluncurkan pada akhir Oktober tahun ini dan baru dijual di Amerika Serikat melalui operator T-Mobile dan di Inggris.

G1 adalah ponsel pertama yang mengadopsi platform Android, platform terbuka buatan Google. Oleh karenanya ponsel 3,5 G yang berkamera 3,2 megapiksel itu, memiliki aplikasi-aplikasi Google, seperti GMail, Google Calendar, Google Maps, YouTube Video Player, dan Google Talk.

Dengan layar sentuh 3,2 inci dan papan QWERTY geser, ponsel ini juga dilengkapi dengan prosesor Qualcomm MSM7201A 548 MHz, memori 192 MB, slot microSD yang mendukung hingga 16 GB, akselerometer (sensor gerak), serta perangkat navigasi GPS.

Banyak yang memperkirakan penjualan ponsel-ponsel Android di tahun 2009 akan meningkat pesat, apalagi ponsel ini memiliki sistem operasi terbuka yang aplikasinya bisa dikembangkan oleh siapa saja.

• Sumber: VIVAnews.Com

Tidak ada komentar: