Jumat, 28 November 2008

HTC MAX 4G : Ponsel Wimax Pertama




HTC kemarin baru saja mengumumkan ponsel yang sangat istimewa yaitu perangkat seluler pertama dunia yang mendukung WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access). Apabila Anda yang tertarik dengan perangkat ini, tampaknya Anda harus sedikit bersabar karena ketersediaan jaringan WiMax belum tersebar secara luas di banyak negara, bahkan di negara maju seperti Amerika Serikat sekalipun. HTC pada akhirnya memilih Rusia yang jaringan WiMax-nya sudah sangat matang sebagai pasar pertama untuk perangkat HTC MAX 4G ini.

Bentuk & Tampilan

MAX 4G memiliki tampilan cantik, berwarna hitam dengan tiga tombol dan mengandalkan teknologi TouchFLO 3D sebagai user interface (UI) utama. HTC MAX 4G berdimensi 113.5mm X 63.1mm X 13.9mm, berat 151 gram dengan ukuran layar sentuh 3.8 inci, WVGA resolusi 480 x 800. Anda bisa melihat perbandingannya dengan iPhone dan HTC Diamond pada gambar di samping ini.

Gabungan layar yang lebih lebar dan teknologi TouchFLO 3D akan meningkatkan kenyamanan pengguna saat mengakses fitur-fitur yang ada, terutama untuk mereka yang memiliki ukuran jari yang besar.

Spesifikasi

HTC MAX 4G menggunakan prosesor Qualcomm ESM7206A 528 MHz sebagai otak utamanya dengan didukung memori ROM 256MB, RAM 288MB dan memori Flash internal 8 GB yang dapat dengan mudah menampung ribuan file audio ataupun file lainnya. MAX 4G juga datang dengan kamera beresolusi tinggi dengan autofocus dan tambahan kamera VGA di bagian depan ponsel untuk mendukung fitur video call dengan kualitas gambar yang lebih baik, karena kecepatan transfer data WiMax lebih besar daripada 3G.

Dari segi perangkat lunak HTC memilih menggunakan Windows Mobile 6.1 Professional.

Konektivitas

Seperti yang sudah disinggung dalam paragraf pertama, ponsel ini mendukung salah satu teknologi jaringan broadband terbaru yaitu WiMax dalam frekuensi 2,5-2.7 GHz yang mampu mengantarkan bandwidth sebesar 50 Mbps - 70 Mbps. Selain WiMax MAX 4G juga mendukung Tri-band GSM/GPRS/EDGE:900/1800/1900 MHz yang sebenarnya sudah dapat dipakai di berbagai negara dengan infrastuktur selular GSM. Koneksi lainnya yang membuat kemampuan perangkat ini semakin lengkap adalah VoIP, Wi-Fi, Bluetooth 2.0 dengan EDR (Enhanced Data Rate), HTC ExtUSB dan GPS.

Selain Rusia, jaringan WiMax saat ini masih terus dikembangkan di berbagai negara termasuk Indonesia. Saat ini beberapa universitas dan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi di Indonesia tengah melakukan riset untuk merampungkan pembangunan jaringan WiMax di berbagai universitas antara lain Institut Teknologi Surabaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Hasanuddin.

Ke depannya teknologi WiMax akan bersaing ketat dengan LTE (Long Term Evolution) yang kemungkinan besar akan lebih dipilih oleh para operator seluler GSM karena sudah kompatibel dengan infrastruktur 3G dengan bandwidth yang mencapai sekitar 150 Mbps — lebih cepat sekaligus dapat mengurangi biaya investasi mereka. LTE ini ditargetkan akan mulai diterapkan pada 2010 nanti.

Sumber:
  • http://www.engadgetmobile.com/2008/11/12/htc-max-4g-officially-announced-worlds-first-gsm-wimax-phone/
  • http://gizmodo.com/5084435/htc-max-4g-is-worlds-first-gsmwimax-cellphone-ups-iphone-one-g
  • http://www.mobilecrunch.com/2008/11/12/htc-max-4g-from-russia-with-wimax/
  • udaramaya : aerialsky Jumat, 14 November 2008, 07:16

3 komentar:

Witha mengatakan...

o...pantesan kemaren tanya2 tentang WIMAX.
Hebatlah, IT-nya meni up to date, sukses ya!

Riema Ziezie mengatakan...

wah keren nih...btw berapa harganya, hehe ga milih dua2nya ah..maunya ttp dewasa tapi dosanya spt anak kecil lagi yg suci bersih

infogue mengatakan...

Artikel anda di

http://gadget-ponsel.infogue.com/htc_max_4g_ponsel_wimax_pertama

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!