Kamis, 11 Desember 2008

Google Resmi Bisa 'Berbahasa' Indonesia



Jakarta - Layanan Google terjemahan bahasa Indonesia sejatinya sudah dapat digunakan sejak beberapa waktu lalu. Namun, Google baru secara resmi mengumumkan peluncuran layanan ini dengan meluncurkan situsnya yang beralamat http://translate.google.co.id
.

Layanan penerjemahan berbasis online Google pun kini kian memperbanyak cakupan bahasa yang 'dikuasainya'. Totalnya menjadi 34 bahasa, antara lain Arab, Indonesia, Bulgaria, Catalan, Cina, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Filipina, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Yahudi hingga Hindi.

Dengan layanan gratis ini, user dapat menerjemahkan potongan kata, kalimat atau halaman web tertentu dari dan ke bahasa Indonesia. Mereka juga dapat menggunakan kata-kata kunci dalam bahasa Indonesia untuk mencari halaman web yang diterbitkan dalam 34 bahasa dan hasilnya diterjemahkan secara otomatis ke dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, Google juga menyediakan sebuah alat (gadget) yang dapat digunakan oleh pemilik situs berbahasa Indonesia untuk menerjemahkan secara instan halaman web mereka ke 34 bahasa lainnya.

Gadget untuk menerjemahkan situs web ini dapat digunakan dengan gratis dan dapat dilekatkan (di-embed) ke dalam situs Anda secara mudah. Kunjungi 'Peralatan' pada Google Terjemahan, lalu pilih bahasa Indonesia untuk bahasa halaman web Anda, dan kemudian cut dan paste kode HTML yang dihasilkan secara otomatis untuk dimasukkan ke situs Anda.

"Di Google kami percaya bahwa internet bisa meningkatkan akses ke semua sumber informasi dunia tanpa memandang bahasa," ujar Google Southeast Asia Marketing Manager, Derek Callow, dalam keterangan tertulis.

Google Terjemahan, lanjut Callow, juga memungkinkan user untuk menyumbang dalam upaya membantu meningkatkan hasil terjemahan dari dan ke bahasa Indonesia. "Apabila pengguna internet mendapati sebuah terjemahan yang tidak akurat, fitur ini memungkinkan mereka untuk menyarankan terjemahan yang lebih baik dibandingkan dengan mesin penerjemahan," imbuhnya.

Kopi Paste

Cara penggunaan layanan ini pun sederhana. Misalnya, jika Anda ingin mencari mitra bisnis di Timur Tengah, tetapi tidak bisa membaca bahasa Arab. Anda tinggal kopi dan paste teks Arab tersebut ke dalam kotak berlabel 'Teks asli' lalu pilih Bahasa Indonesia untuk menerjemahkannya.

Google juga bisa secara otomatis mendeteksi bahasa teks yang Anda sisipkan ke dalam kotak 'Teks asli'. Cukup pilih 'Deteksi Bahasa' pada sisi kiri menu drop down.

Untuk menerjemahkan seluruh isi sebuah halaman web, seperti misalnya situs berbahasa Jepang tentang animasi terbaru dari negeri sakura itu, masukkan saja URL alamat web tersebut ke dalam kotak 'Terjemahkan laman web' dan pilih Bahasa Indonesia sebagai tujuan bahasa yang Anda ingin terjemahkan.

Dalam beberapa detik, Google mampu menganalisa isi dari halaman web itu dan menghasilkan konten ke dalam bahasa Indonesia atau salah satu dari 34 bahasa yang dapat anda pilih.

Pun demikian, karena yang bekerja selaku penterjemah di sini adalah mesin, maka jangan heran jika hasil terjemahan dalam bentuk kalimat ada beberapa kata yang terdengar aneh ketika dipadu padankan pada isi kalimat secara keseluruhan. ( ash / fyk )
Ardhi Suryadhi - detikinet

2 komentar:

Elsa mengatakan...

usul!!

gimana kalo google juga bisa "berbahasa" bahasa bayi.

hehehehehe...
jadi pas ada bayi nangis,dan kita gak tahu tuh bayi mintanya apa... nangisnya di rekam, trus di upload ke google, ntar berapa detik, google bisa translate, si bayi tuh ngomong apa.

asyik kali ya?
heheheheheee.....

Madu Nektar mengatakan...

emang dirimu sudah membutuhkan layanan jenis ini ya sa??? ;-p